Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Manusia

Salah satu makanan sunnah yang banyak diamalkan ialah minyak zaitun. Sejak 1400 tahun lalu, Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan penggunaan minyak zaitun, kerana khasiatnya yang amat besar, dikeluarkan dari pohon zaitun yang diberkati. Pohon zaitun tumbuh di puncak bukit. Ia mendapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit mahupun sewaktu matahari terbenam, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. Buah zaitun yang matang mengandung 80 persen air, 15 persen minyak, 1 persen protein,  1 persen karbohidrat, dan 1 persen serat. Untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Manfaat Minyak Zaitun


Minyak zaitun yang diolah dari ekstrak buah zaitun sudah dikenal lama memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan beberapa literasi menyebutkan bahwa minyak zaitun adalah rahasia kecantikan dari Ratu Cleopatra. Rau Mesir kuno yang terkenal ke segala penjuru dunia berkat kecantikannya. Berikut Ini Beberapa manfaat Minyak zaitun :

1. Memangkas risiko penyakit jantung
Minyak zaitun terbukti memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan cara menekan jenis kolesterol jahat dan mempertahankan yang baik - menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke telah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi menyebutkan, pasien berusia 64-71 tahun menunjukkan penurunan total kolesterol setelah diberi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.

2. Mencegah kanker
Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yang memicu pertumbuhan kanker.

3. Mengusir nyeri sendi
Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.

Manfaat Minyak Zaitun


4. Menangkal osteoporosis
Berdasarkan publikasi dalam The British Journal of Nutrition, minyak zaitun membantu mencegah osteoporosis, meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya.

5. Menurunkan kadar gula darah
Karena dapat memangkas kolesterol jahat, otomatis akan membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit gula dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

6. Menangkal radikal bebas
Minyak zaitun mengandung aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul yang tidak seimbang sehingga ampuh dalam menangkal radikal bebas.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa diungkap. Namun apa yang sudah dijelaskan diatas lebih dari cukup untuk mulai menggunakan minyak ini.



Baca Juga : Manfaat Yoghurt
Tag : Healty
Back To Top