Apem Kesesi Kabupaten Pekalongan

Kue Apem Kesesi - Kali ini Blog kalimadedot akan membahas tentang Apem Kesesi.
Apem Kesesi adalah kue Tradisonal yang terbuat dari Tepung Beras dan Gula jawa/Gula Aren.

Cara Membuat Kue Apem Kesesi dapati dibilang cukup mudah,
Yaitu Beras dicuci bersih, lalu direndam selama dua malam, kemudian digiling sampai menjadi tepung, setelah itu tepung diuleni(b.Jw) / diaduk rata sampai berbentuk adonan. Gula merah dicairkan lalu adonan dicampurkan menjadi satu dan di cetak. Setelah cicetak lalu dikukus selama 10 menit.
Setiap hari pembuat Apem memproduksi untuk dipasarkan di Pasar Kesesi dan di Pasar Comal Kabupaten Pemalang. Makanya   Apem Kesesi ini lebih dikenal sebagai Apem Comal.


Kue Apem Kesesi yang sering dikenal dengan nama Apem Comal sebenarnya dibuat di Kesesi. Pembuatan   apem sangat unik. Menurut legenda, hanya daerah Kesesi tepatnya dukuh Bantul yang dapat membuat   Apem dengan sempurna dan dengan kualitas yang baik. Di daerah itu katanya airnya sangat baik untuk membuat   Apem. Selain daerah itu dapat juga membuat   Apem, tetapi tidak dapat sebaik yang dibuat di daerah Bantul. Makanya tidak semua apem yang dibuat di Kesesi selalu enak rasanya. Bahan untuk membuat Apem Kesesi berupa tepung beras dan gula merah/ gula jawa/ gula aren. Sedangkan peralatan yang digunakan juga unik berupa Dandang, anyaman, sarangan dan daun. Anyaman dan sarangan dibuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat mencetak  Apem Kesesi. Peralatan ini belum tergantikan oleh plastik atau sejenisnya seperti perkembangan jaman sekaran banyak peralatan yang telah diganti dengan plastik.


Apem Kesesi Maknyuss

Apem Kesesi Kabupaten Pekalongan

Proses Pembuatan Apem Kesesi

Apem Kesesi Kabupaten Pekalongan


Tag : Apem Kesesi
1 Komentar untuk "Apem Kesesi Kabupaten Pekalongan"

Apem joss, dadi ngidam apem ke aku moco blog iki.
Mengko nek bali pekalongan mampir ng comal ah tuku apem.
Izin copy fotonya ya...

Back To Top