Ingin Jantung Tetap Sehat?? Berikut Ini Tips Menjaganya

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anda
Jantung merupakan organ terpenting bagi manusia, maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung kita, karena jantung adalah salah satu organ vital manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Organ kecil berukuran sebesar kepalan tangan ini terletak di dalam rongga toraks, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Selain itu, jantung memiliki letak yang sangat strategis, untuk itu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.Meskipun berukuran kecil, tetapi jantung memiliki fungsi dan peran luar biasa. Untuk itu, Anda harus turut merawat dan menjaga kesehatan jantung. Banyak orang yang memiliki masalah dengan jantung baik mereka yang memiliki riwayat sakit jantung sejak lahir ataupun yang baru saja divonis sakit jantung. Bagi Anda yang memiliki jantung sempurna, yakni jantung yang berada dalam kondisi baik, beruntunglah Anda. Ada baiknya dari sekarang harus menjaganya demi kelangsungan hidup yang lebih baik dan demi keluarga yang menyayangi serta menginginkan Anda hidup lama sampai tua dan bahagia. Berikut tips menjaga kesehatan jantung yang dapat dilakukan secara mudah asalkan rutin. Kuncinya ada pada gaya hidup sehat. 

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anda



Tips berikut adalah menjaga kesehatan jantung dari beberapa kegiatan fisik yang sederhana, tetapi mampu membuat jantung sehat.

1. Tidur Malam Berkualitas
Bagi Anda yang rajin begadang, apakah pernah merasakan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya? Jika ya, itu adalah alarm dari jantung Anda untuk beristirahat secara cukup. Ingat, jantung Anda juga punya hak untuk dirawat salahsatunya dengan meringankan beban kerjanya di malam hari.
Kebiasaan tidur awal sangat baik bagi jantung. Penelitian di Misao Health Clinic (Gifu, Jepang) menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa tidur setelah lewat tengah malam ternyata mengalami pengerasan pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah ini merupakan gejala awal gangguan jantung. Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu.

2. Sering Jalan Kaki
Jalan kaki adalah aktivitas sederhana dan tidak banyak mengeluarkan biaya, cukup mengandalkan kaki yang sehat. Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

3. Berhenti Merokok
Rokok adalah gudangnya racun yang tidak baik buat kesehatan, apalagi kesehatan jantung. Nikotin, salah satu racun dalam rokok, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. yakni mengurangi kadar oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, meningkatkan risiko penggumpalan darah, serta merusak dinding pembuluh darah jantung. Karbon dioksida di dalam asap rokok juga akan mengambil alih sebagian porsi oksigen dalam darah. Akibatnya, tekanan darah naik karena jantung harus memompa lebih keras untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Berhentilah merokok sebelum semua terlambat, berhentilah merokok jika Anda sayang keluarga Anda. Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok bisa membantu jantung tetap sehat. Selain itu, butuh kemauan sekuat baja untuk berhenti merokok apalagi bagi Anda yang sudah candu berat dengan rokok.

4. Rutin Olahraga
Ingin jantung sehat maka berolahraha. Sesibuk apapun Anda lakukan aktivitas olahraga minimal 30 menit setiap hari, seminggu tiga kali. Olahraga yang dapat Anda lakukan adalah olahraga kardiovaskular, dimana olahraga ini mampu meningkatkan penapasan dan denyut jantung supaya jantung lebih kuat. Alternatif olahraga yang menyehatkan jantung adalah bersepeda, berenang, dan lari.

5. Bernapas
Tips menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah bernapas. Mengapa bernapas? Karena jantung dekat dengan paru-paru sehingga perlahan-lahan dalam bernapas akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi, dan membuat jantung lebih awet.

Itulah Beberapa tips menjaga kesehatan jantung, mari kita jaga kesehatan jantung kita dari sekarang, sayangi jantung anda.


Artikel Tips Selanjutnya : Cara Merawat Rambut Rusak
Previous
Next Post »