Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Dengan Jajanan Apemnya

Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Dengan Jajanan Apemnya
adalah Sebuah Kecamatan yang Terletek di wilayah  Kabupaten Pekalongan,jawa tengah.
Dan merupakan kecamatan dibagaian paling barat di Kabupaten Pekalongan,yang dibatasi oleh sebuah sungai besar yang disebut dengan kali layang atau kali layangan. Sungai besar yang berada di Kecamatan Kesesi bagaian barat ini memisahkan antara kabupaten pekalongan bagaian barat dengan kabupaten pemalang bagaian timur.
Luasnya Kecamatan Kesesi dengan area persawahannya diwilayah ini, menjadikan mayoritas penduduk dikecamatan ini
merupakan para petani penggarap sawah, sebagaian lagi berdagang,dan kebanyakan dari pemuda dikesesi merantau dijakarta, atau kota-kota lain sebagai karyawan pabrik,garmen,dan konfeksi.
Perkembangan demi perkembangan mulai terlihat lebih cepat ketika dipindahkannya kantor kabupaten pekalongan dikota kajen yang bersebelahan langsung dengan kecamatan kesesi paling timur.
Ini terlihat dari mulai diperbaikinya akses-akses utama yang menghubungkan antara Kajen dan Kesesi, fasilitas-fasilitas publikpun mengalami segala perbaikan seperti pasar utama,sekolah,dll di Kecamatan Kesesi.
Tentu saja ini akan berpengaruh besar kepada aktivitas ekonomi yang ada di wilayah ini, meski itu belum cukup jelas terlihat,namun beberapa tahun mendatang perubahan besar kepada aktivitas ekonomi warga.
Kita semua berharap kemajuan demi kemajuan akan terus terjadi dan menjadikan warga lebih baik dalam kehidupan,ekonomi,budaya,dll

Ada yang Menarik dari Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan, Kesesi memiliki jajanan yang sangat fenomenal yakni Kue Apem. Kue Apem adalah kue tradisional yang terbuat dari Tepung Beras dan Gula Merah/Aren.
Kue Apem Kesesi yang sering dikenal dengan nama Apem Comal sebenarnya dibuat di Kecamatan Kesesi. Pembuatan   apem sangat unik. Menurut legenda, hanya daerah Kesesi tepatnya dukuh Bantul yang dapat membuat   Apem dengan sempurna dan dengan kualitas yang baik. Di daerah itu katanya airnya sangat baik untuk membuat   Apem. Selain daerah itu dapat juga membuat   Apem, tetapi tidak dapat sebaik yang dibuat di daerah Bantul. Makanya tidak semua apem yang dibuat di Kesesi selalu enak rasanya. Bahan untuk membuat Apem Kesesi berupa tepung beras dan gula merah/ gula jawa/ gula aren. Sedangkan peralatan yang digunakan juga unik berupa Dandang, anyaman, sarangan dan daun. Anyaman dan sarangan dibuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat mencetak  Apem Kesesi. Peralatan ini belum tergantikan oleh plastik atau sejenisnya seperti perkembangan jaman sekaran banyak peralatan yang telah diganti dengan plastik.


Kue Apem Kesesi

Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Dengan Jajanan Apemnya


Pembuat Apem Kesesi


Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Dengan Jajanan Apemnya





0 Komentar untuk "Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Dengan Jajanan Apemnya"

Back To Top